Mau Aki Basah Awet? Begini Tipsnya!

Aki Basah Awet

Tidak seperti aki kering atau aki MF (Maintenance Free) yang tidak membutuhkan perawatan (langsung buang dan ganti yang baru begitu rusak atau sudah soak), aki basah masih butuh perawatan yang intensif untuk menjaga kinerjanya tetap maksimal. Tapi ingat, perawatan yang dimaksud di sini bukan hanya tentang isi ulang cairannya saat berkurang, tapi juga berhubungan dengan perawatan kebersihan, pemeriksaan rutin dan lainnya. Berikut beberapa trik untuk menjaga kinerja aki basah tetap maksimal.

Lakukan Pemeriksaan Rutin

Lakukan pemeriksaan rutin terhadap aki dan seluruh komponennya. Anda bisa mulai pemeriksaan dengan mengecek keretakan di bagian bodi aki, tutup atau knop yang lengkap dan menempel kuat, serta pastikan tidak ada kabel yang mengelupas. Selain itu, pastikan juga tidak ada karat dan bekas pengapuran di bagian terminal. Jika ada, sebaiknya langsung hilangkan dengan amplas atau sikat kawat dan tutup bagian terminal aki dengan penutup karet.

Pastikan Air Aki Sesuai dengan Ukuran

Pastikan cairan aki tetap dalam volume maksimal, atau minimalnya dalam level aman. Pasalnya, cairan ini berguna untuk menyimpan cadangan listrik di dalam aki. Saat cairan aki berkurang, otomatis kemampuan aki dalam menyimpan listrik pun akan berkurang. Di pasaran sendiri, ada 2 jenis air aki, pertama aki dalam botol merah atau accu zuur, dan aki dibotol biru. Untuk isi ulang, pastikan Anda menggunakan air aki di botol biru.

Panasi Mesin Mobil Secara Teratur

Sebelum berangkat beraktivitas, pastikan Anda memanasi mesin mobil, minimalnya 10 menit. Hal dilakukan untuk meratakan sirkulasi oli dalam mesin yang berhubungan dengan performa mobil. Selain itu, cara ini pun dilakukan agar agar arus listrik yang berada di dalam aki, bisa terus terisi oleh alternator, sehingga kondisi arus listrik di dalamnya akan tetap stabil dan maksimal. Tapi ingat, sebelum memanasi mesin, pastikan dulu air aki-nya dalam volume maksimal.

Matikan Perangkat Elektronik Sebelum Mematikan Mobil

Sebelum mematikan mobil, pastikan Anda mematikan dulu semua perangkat elektronik yang ada di dalam mobil, seperti tape, lampu dan lainnya. Hal itu dimaksudkan agar ketika Anda menghidupkan kembali mobil, arus listrik dari aki hanya terfokus pada starter mesin saja, bukan perangkat lainnya. Dengan perawatan rutin, aki basah pun daya pakai dan kekuatannya tidak akan kalah dengan aki kering. Selamat mencoba!

Special Thanks

Suzuki Indonesia

WhatsApp WhatsApp us