Efek Buruk Lalai Mengganti Oli Mobil

Lalai Mengganti Oli Mobil

Untuk menjaga performa mobil tetap maksimal, pergantian oli mesin secara berkala merupakan hal yang wajib dilakukan. Pihak pabrikan sendiri sudah membuat jadwal penggantian oli yang wajib dipatuhi, misalnya setiap 5000 km, 7500 km atau 10000 km.

Apa akibatnya kalau terlambat ganti oli?

Seiring dengan pemakaian mobil, oli dalam mesin akan menerima sejumlah residu hasil proses pembakaran, berupa serpihan metal hasil gesekan antara komponen dalam mesin, dan kotoran sisa pembakaran. Kotoran ini biasa dikenal dengan sebutan gram. Nah, kotoran inilah yang mengendap dan membuat oli jadi mengental. Kalau sudah begini, otomatis kemampuan pelumasan oli pun sudah tidak optimal lagi, dan bisa berdampak buruk pada komponen internal mesin, seperti dinding silinder, camshaft, piston, hingga crankshaft.

Selain itu, ada beberapa dampak buruk lain yang bisa Anda terima saat lalai mengganti oli mobil.

  1. Oli yang sudah mengental (kotor) bisa membuat nosel dan saluran oli tersumbat. Akibatnya, beberapa komponen dalam mesin tidak mendapat pelumasan yang memadai, dan bisa mempercepat komponen tersebut cepat rusak.
  2. Salah satu fungsi oli mesin adalah, untuk mendinginkan mesin. Jika oli mesin dalam kondisi tidak layak pakai, otomatis kondisi ini bisa menyebabkan mesin overheating atau kepanasan. Lagi-lagi, imbasnya bisa menyebabkan komponen cepat rusak, terutama kepala silinder yang melengkung.
  3. Mesin butuh pelumas agar kinerjanya tetap maksimal. Saat fungsi pelumasan ini berkurang karena oli yang sudah tidak layak pakai, otomatis performa mesin pun akan nge-drop. Penurunan performa mesin ini pun disebabkan karena mesin yang overheating.
  4. Tidak hanya performa dan overheating, gesekan yang berlebih antara komponen mesin, tanpa diimbangi dengan pelumasan yang baik, akan menyebabkan mesin bekerja lebih keras. Akibatnya, kondisi ini bisa menyebabkan bahan bakar jadi mudah terkuras (boros).
  5. Jika mesin sudah loyo karena tidak terawat, bukan tidak mungkin Anda akan mengeluarkan uang lebih banyak untuk melakukan perbaikan, apalagi jika harus turun mesin karena kerusakan komponen-komponen utama dalam mesin.

Nah sebelum semua itu terjadi, sebaiknya ganti oli secara berkala. Tapi ingat, gunakan oli yang berkualitas, dan pastikan Anda rutin mengganti oli di bengkel resmi Suzuki.

Special Thanks

Suzuki Indonesia

WhatsApp WhatsApp us