Xpander, Suzuki ErtigaPenjualan Suzuki Ertiga masih tumbuh meskipun dibombardir Mitsubishi Xpander. (BERITAGAR.id)

Jakarta, Motoris – Mitsubishi Xpander memang hebat, lantaran bisa mengalahkan penjualan Avanza secara wholesales (pengiriman mobil dari pabrik ke diler) pada Februari lalu. Honda Mobilio dan Daihatsu Xenia juga babak belur dihajar low multi purpose vehicle (LMPV) andalan Mitsubishi ini

Jangan sebut Nissan Grand Livina, karena model ini sudah rontok duluan sebelum Xpander lahir. Lagipula Grand Livina dimasukkan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) ke kelas MPV medium. Portofolio Nissan di LMPV adalah Evalia yang sudah almarhum.

Tapi, ada satu model LMPV yang kebal dari serangan Xpander, apalagi pendatang baru Wuling Confero, yakni Suzuki Ertiga. Tahun lalu, Ertiga sanggup membukukan pertumbuhan penjualan 10% menjadi 35.338 unit dari 32.119 unit, di tengah booming Xpander. Alhasil, pangsa pasar meningkat dari 13,4% menjadi 14,5%.

Tren ini berlanjut memasuki 2018. Per Februari 2018, menengok data Gaikindo, penjualan Ertiga mencapai 7.446 unit, melonjak 35% dari periode sama tahun lalu 5.511 unit. Memang, jumlah itu jauh di bawah Xpander yang sekitar 14 ribuan unit. Tapi, yang patut digarisbawahi adalah Ertiga masih bertumbuh, tak seperti para pemain lama lainnya.

Xpander, Suzuki Ertiga

Patut dicatat juga, data itu adalah penjualan Ertiga lama, yang sudah eksis sejak 2012 dan mengalami sedikit perubahan. Mobil ini juga kerap dikritik lantaran desainnya sudah usang dan kabin sempit. Pada akhirnya, kritik itu menjadi mental sendiri setelah melihat data penjualan Ertiga.

Penjualan Ertiga diprediksi tambah ngacir setelah model terbaru alias all new hadir di Nusantara semester II tahun ini. Dimensi dipastikan lebih besar dan desain mobil bakal kekinian. Kalaupun ada hal yang mencemaskan adalah soal dapur pacu yang disebut-sebut sama seperti model lawas.

Mesin K14B Ertiga hanya mampu menyemprotkan tenaga 90 Hp, sedangkan rival-rivalnya rata-rata sudah di atas 100 Hp. Meski begitu, semua orang tahu Ertiga adalah LMPV nyaman. Suspensinya sangat lembut dan tetap bekerja maksimal saat diisi tujuh penumpang. Dengan keunggulan ini, Motoris menilai All New Ertiga adalah ancaman sejati Xpander.

Special Thanks
Motoris.id

WhatsApp WhatsApp us